Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan e-linier terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2023/2024
Lestari, Mega Ayu (2023) Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan e-linier terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056027_MEGA AYU LESTARI_LENGKAP]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056027_MEGA AYU LESTARI_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Proses pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan kurangnya kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Hal itu terlihat ketika siswa belum bisa mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep matematis dengan tepat, menyajikan konsep dalam representasi matematis, dan menerapkan konsep secara algoritma dengan tepat. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Project Based Learning berbantuan E-Linier supaya kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen (True Experimental Design) dengan desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian in menggunakan metode tes dan angket.
Hasil penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan E-Linier diperoleh rata – rata pemahaman konsep yaitu 86,98. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) data rata – ratanya adalah 79,04. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t-test (uji t independet) didapatkan nilai thitung = 2,62 dan ttabel = 2,00, hal ini berarti kemampuan pemahaman konsep pada materi SPLDV melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan E-Linier memiliki hasil rata – rata yang baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Sementara hasil motivasi belajar siswa yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan E-Linier memperoleh rata – rata yaitu 72,58. Sedangkan pada siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) data rata – ratanya adalah 66,99. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata – rata pada tahap akhir melalui uji t-test didapatkan nilai thitung = 2,33 dan ttabel = 2,00. Hal ini berarti motivasi belajar siswa melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan E-Linier memiliki hasil rata – rata yang baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan E-Linier efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMP N 18 Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemahaman konsep; Motivasi belajar; Project Based Learning (PBL) ; E-Linier |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27792 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year