Studi komparasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Quantum Learning (QL) terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi peluang kelas VIII SMP Nurul Islami Semarang
Rahmawati, Regina Putri (2024) Studi komparasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Quantum Learning (QL) terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi peluang kelas VIII SMP Nurul Islami Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056028_Regina Putri Rahmawati_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056028_Regina Putri Rahmawati_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi peluang dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menekankan pada keterkaitan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa, sedangkan Quantum Learning (QL) berfokus pada menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kedua model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, sehingga dapat memberikan rekomendasi model pembelajaran yang lebih efektif dalam kemampuan literasi numerasi di SMP Nurul Islami Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Nurul Islami Semarang yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test yang menggunakan uji hipotesis satu pihak (kanan) antara kelas eksperimen I dan eksperimen II digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan.
Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelajaran matematika materi pokok peluang diperoleh rata-rata kelas yaitu 68,12. Sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning (QL) pada pelajaran matematika materi pokok peluang diperoleh rata-rata kelas yaitu 53,44. Setelah itu, dilakukan uji perbandingan rata-rata pada tahap akhir dengan menggunakan uji t diperoleh t_hitung=2,705 dan t_tabel=1,691. Karena t_hitung>t_tabel jadi keputusannya adalah H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya nilai rata-rata hasil tes kognitif soal kemampuan literasi numerasi pada materi peluang dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibanding nilai rata-rata hasil tes kognitif soal kemampuan literasi numerasi dengan model pembelajaran Quantum Learning (QL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi numerasi; Contextual Teaching and Learning (CTL); Quantum Learning (QL) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27794 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year