Efektivitas model pembelajaran open ended terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar

Dewi, Mila Rosita (2024) Efektivitas model pembelajaran open ended terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056030_Mila Rosita Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_2008056030_Mila Rosita Dewi_Lengkap)
Skripsi_2008056030_Mila Rosita Dewi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Open Ended terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMPN 3 Cepiring. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimental nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan angket. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan dari uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji independent sample t-test untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis (y2) diperoleh thitung 2.2914 > ttabel 1.670 dengan α=5%. Karena thitung>ttabel artinya rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran open eded lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk mengukur keaktifan siswa (Y1) kelas eksperimen sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran open ended dengan menggunakan uji paired sample t-test, diperoleh nilai thitung= 5.536474 dan ttabel = 1.696 α=5%. Karena thitung>ttabel yang rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen sesudah perlakuan lebih baik dari rata-rata keaktifan siswa sebelum perlakuan. Dengan skor maksimal ideal 80 maka diperoleh N-gain 0,5972 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open Ended lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa berupa keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Open ended; Keaktifan siswa; Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:22
Last Modified: 23 Sep 2025 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27800

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics