Efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap self-confidence dan kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sugihmanik

Aini, Latifa Nurul (2024) Efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap self-confidence dan kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sugihmanik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056032_Latifa Nurul Aini_Lengkap] Text (Skripsi_2008056032_Latifa Nurul Aini_Lengkap)
Skripsi_2008056032_Latifa Nurul Aini_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Self-confidence dan kemampuan penguasaan kosep matematis peserta didik dibutuhkan di dalam pembelajaran matematika dikarenakan peseta didik perlu mempunyai rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki dan mengaplikasikan dalam memecahkan suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap self-confidence dan kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sugihmanik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain pretest posttest dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang dianalisis dengan uji statistik. Berdasarkan analisis data akhir hasil (1) Self-confidence peserta didik kelas VIII meningkat setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (2) Kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik daripada kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching and learning; Self-confidence; Konsep matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:28
Last Modified: 23 Sep 2025 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27801

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics