Pengembangan modul statistika berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilai keislaman di SMAN 9 Semarang
Hardianti, Indira Pusparani (2024) Pengembangan modul statistika berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi nilai keislaman di SMAN 9 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056033_Indira Pusparani_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056033_Indira Pusparani_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan modul statistika berbasis pendekatan RME terintegrasi nilai keislaman yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Subjek penelitian ini adalah para ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi dan kepraktisan. Instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi modul ahli materi, media, keislaman, dan praktisi, serta instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) Modul statistika terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME berbasis indikator kemampuan koneksi matematis dinyatakan dalam kategori
sangat valid dengan nilai 100% dari ahli materi, kategori valid dengan nilai 71% dari ahli media, kategori valid dengan nilai 83% dari ahli keislaman, dan kategori sangat valid dengan nilai 87% dari ahli praktisi. (2) Modul statistika berbasis pendekatan RME terintegrasi nilai keislaman dinyatakan dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 82,79%. Hal tersebut menunjukkan modul statistika berbasis pendekatan RME terintegrasi nilai keislaman yang telah dikembangkan ini valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul; Realistic Mathematics Education (RME); Nilai keislaman; Statistika; ADDIE |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:36 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27802 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year