Pengembangan e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi laju reaksi

Fitri, Ainun (2024) Pengembangan e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi laju reaksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708076021_AINUN_FITRI] Text (SKRIPSI_1708076021_AINUN_FITRI)
1708076021_Ainun Fitri_Lengkap Tugas Akhir - Ainun ef.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis pembelajaran berdiferensiasi berbantuan aplikasi book creator pada materi laju reaksi. Model penelitian pengembangan ini menggunakan desain pengembangan waterfall. Untuk mengukur kevalidan pengembangan e-modul ini dilakukan validasi oleh tiga dosen ahli materi dan media serta tiga pendidik kimia. Data validitas dianalisis dengan menggunakan rumus Aikens.V dan kepraktisan e-modul dianalisi dengan presentase skor capaian kelayakan e-modul. Penelitian ini melibatkan 35 peserta didik. Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian didapatkan rata-rata skor validitas pada ahli materi 0,90 dengan kategori valid dan skor validitas ahli media 0,94 dengan kategori valid. Rata-rata skor kepraktisan diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 85,6% dengan kriteria baik..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; e-modul; pembelajaran berdiferensiasi; laju reaksi.
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:10
Last Modified: 24 Sep 2025 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics