Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Azzaky pekalongan ditinjau dari kemampuan menghafal Al-Qur’an

Adawiyah, Maadzah (2024) Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Azzaky pekalongan ditinjau dari kemampuan menghafal Al-Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056038_Ma_adzah _Adawiyah_FILE LENGKAP] Text (Skripsi_2008056038_Ma_adzah _Adawiyah_FILE LENGKAP)
Skripsi_2008056038_Ma_adzah _Adawiyah_FILE LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Azzaky Pekalongan ditinjau dari kemampuan menghafal Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 15 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat lima peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an tinggi, tujuh peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an sedang, dan tiga peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis matematis, tes kemampuan menghafal Al-Qur’an serta wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an sedang kurang mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Peserta didik dengan kategori kemampuan menghafal Al-Qur’an rendah tidak memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Kemampuan menghafal Al-Qur’an; Pola bilangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:22
Last Modified: 23 Sep 2025 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27822

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics