Pengaruh self awareness dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Hassanudin 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024

Ningsih, Hardiani (2024) Pengaruh self awareness dan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Hassanudin 6 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056035_Hardiani Ningsih_Lengkap] Text (Skripsi_2008056035_Hardiani Ningsih_Lengkap)
Skripsi_2008056035_Hardiani Ningsih_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa, sebagian besar dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti self awareness dan resiliensi matematis. Oleh karena itu, penting untuk mengelola dan meningkatkan kedua aspek ini untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan self awareness (X₁) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) siswa kelas VIII SMP Hassanudin 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024; (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis (X2) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) siswa kelas VIII SMP Hassanudin 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024; (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan self awareness (X₁) dan resiliensi matematis (X2) secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) siswa kelas VIII SMP Hassanudin 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Hassanudin 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 49 siswa yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel sensus. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara self awareness terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara self awareness dan resiliensi matematis secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self awareness; Resiliensi matematis; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:33
Last Modified: 23 Sep 2025 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics