Pengembangan instrumen penilaian berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada materi reduksi dan oksidasi

Pratiwi, Matsna Ainul Hikmah (2024) Pengembangan instrumen penilaian berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) pada materi reduksi dan oksidasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708076067_MATSNA_AINUL_HIKMAH_PRATIWI] Text (SKRIPSI_1708076067_MATSNA_AINUL_HIKMAH_PRATIWI)
1708076067-MATSNA AINUL HIKMAH PRATIWI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Yusrul Hana Dema FST.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan generik sains merupakan keterampilan berpikir dan bertindak berdasarkan pengetahuan sains yang dimiliki melalui kerangka berpikir sains. Keterampilan generik sains dalam pembelajaran kimia dapat dikategorikan ke dalam 10 indikator, yaitu pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, kesadaran skala, bahasa simbolik, kerangka kerja logis, konsistensi logis, hukum sebab-akibat, pemodelan matematika, inferensi logis, dan abstraksi. Pada penelitian ini mengambil 4 indikator diantaranya pengamatan langsung, bahasa simbolik, konsistensi logis dan hukum sebab-akibat. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan instrumen penilaian berbasis keterampilan generik sains pada materi reduksi dan oksidasi. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya penelitian ini hanya sampai tahap develop. Penelitian ini sampai pada tahap validasi ahli validasi sebanyak 3 dosen ahli dan 3 guru kimia. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Aiken’s. Produk dari penelitian ini adalah instrumen penilaian berbasis keterampilan generik sains (KGS). Hasil kelayakan instrumen penilaian berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) berdasarkan nilai indeks Aiken’s secara berturut-turut adalah aspek validasi isi sebesar 0,81; aspek konstruksi sebesar 0,89; aspek kebahasaan sebesar 0,88 dan aspek kepraktisan sebesar 0,84. Rata-rata validitas yang diperoleh sebesar 0,86 dengan kategori valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan generik sains; reduksi dan oksidasi; instrumen penilaian
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics