Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi dan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 80 Jakarta

Faedhah, Anisa Nur (2024) Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi dan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 80 Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056046_Anisa Nur Faedhah_Full] Text (Skripsi_2008056046_Anisa Nur Faedhah_Full)
Skripsi_2008056046_Anisa Nur Faedhah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy baik secara multivariat maupun univariat terhadap kemampuan literasi dan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 80 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode expost-facto. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu angket self-efficacy, tes kemampuan literasi matematis, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 80 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus Slovin dan cluster random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik multivariat yaitu uji MANOVA. Hasil analisis data secara multivariat menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi dan berpikir kritis matematis secara multivariat. Kemudian, pada analisis secara univariat baik terhadap variabel kemampuan literasi matematis maupun variabel berpikir kritis matematis menunjukkan nilai signifikasi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi matematis dan terdapat pula pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis secara univariat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy; Literasi matematis; Berpikir kritis matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:52
Last Modified: 24 Sep 2025 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics