Pengaruh penggunaan canva sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi struktur atom

Istiqomah, Anisa Nur (2024) Pengaruh penggunaan canva sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi struktur atom. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1908076030_ANISA_NUR_ISTIQOMAH] Text (SKRIPSI_1908076030_ANISA_NUR_ISTIQOMAH)
1908076030_Anisa Nur Istiqomah_Full Skripsi - Anisa Nur Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Motivasi dan hasil belajar kognitif siswa berada pada tingkat yang rendah berdasarkan beberapa oenelitian yang dilakukan para ahli sehingga diperlukan adanya suatu inovasi pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Canva sebagai media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa secara univariat dan multivariat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian pre-post test. Teknik analisis data menggunakan MANOVA dengan bantuan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-3 SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2023-2024 sebagai kelas eksperimen dan kelas kendali yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil rata-rata kenaikan skor motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kendali masing-masing sebesar 18,10 dan 6,30 sedangkan hasil rata-rata kenaikan nilai hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kendali secara berturut-turut sebesar 34,67 dan 34,50. Hasil uji analisis data menunjukkan nilai signifikansi test of between subject-effect sebesar 0,00 untuk motivasi belajar dan 0,21 untuk hasil belajar kognitif sedangkan nilai signifikansi MANOVA yang diperoleh sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Canva seabagai media pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap motivasi belajar secara univariat, tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa secara univariat serta berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif secara multivariat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Canva; Hasil Belajar Kognitif; Media Pembelajaran Interaktif; Motivasi Belajar; Struktur Atom
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:23
Last Modified: 24 Sep 2025 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics