Pengaruh model pembelajaran two stay two stray dalam kurikulum merdeka terhadap sikap ilmiah siswa pada materi kimia hijau
Ulya, Irfana (2023) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray dalam kurikulum merdeka terhadap sikap ilmiah siswa pada materi kimia hijau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_1908076039_IRFANA_ULYA]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1908076039_Irfana Ulya_Lengkap Tugas Akhir - Irfana Ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di MAN 2 Kota Semarang yang menggunakan kurikulum merdeka menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa belum pernah diukur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam kurikulum merdeka terhadap sikap ilmiah siswa pada materi kimia hijau. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,291 dan ttabel sebesar 1,664, sehingga thitung > ttabel. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan rata-rata kelas kontrol sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Two Stay Two Stray; Kurikulum Merdeka; Sikap Ilmiah |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27873 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year