Efektivitas penerapan Model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi siswa kelas X SMAN 11 Semarang

Azizah, Siti Nur (2024) Efektivitas penerapan Model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi siswa kelas X SMAN 11 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056048_Siti Nur Azizah_Lengkap] Text (Skripsi_2008056048_Siti Nur Azizah_Lengkap)
Skripsi_2008056048_Siti Nur Azizah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Connnected Mathematics Project (CMP) terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi experimental yang berbentuk the nonequivalent pretest–posttest control group design. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel kelas X-12 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil skor rata–rata angket kemandirian belajar kelas eksperimen setelah perlakuan yaitu 67,03 dan kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 62,01. Dengan uji paired sample t–test diperoleh thitung=11,266 >ttabel=2,0301 dan uji N–gain diperoleh 0,14 maka terdapat peningkatan dalam kategori rendah. Skor rata-rata posttest kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen yaitu 51,88 dan kelas kontrol yaitu 44,79. Dengan uji independent sample t-test diperoleh thitung=3,1482 >ttabel=1,9949 pada taraf signifikansi 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) efektif terhadap kemandirian belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Kemampuan koneksi matematis; Model Connected Mathematics Project (CMP).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:34
Last Modified: 24 Sep 2025 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics