Efektivitas model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Mts Miftahul Huda Sidomulyo Pati

Habsari, Fitri Alfina (2024) Efektivitas model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Mts Miftahul Huda Sidomulyo Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056050_fitri alfina habsari_lengkap] Text (Skripsi_2008056050_fitri alfina habsari_lengkap)
Skripsi_2008056050_fitri alfina habsari_lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika dikarenakan siswa perlu mempunyai rasa ingin belajar dan kemampuan menyatakan ulang konsep dalam berbagai konteks. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) berbantuan LKPD tehadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest dengan teknik sampling jenuh.teknik pengambilan data menggunakan metode angket dan metode tes. Bedasarkan analisis data akhir, data yang diperoleh didapatkan skor rata-rata angket motivasi belajar kelas eksperimen dengan uji paired sample t-test sebelum perlakuan sebesar 0,171 dan rata-rata sesudah perlakuan sebesar 0,118. Maka nilai t_hitung = 58,522 dan t_tabel= 2,064 sehingga t_hitung> t_tabel. Hal ini berarti rata-rata motivasi belajar siswa yang mendapat sesudah perlakuan lebih baik dari rata-rata kemampuan sebelum perlakuan. Selanjutnya rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan uji Inependent Sample T-test kelas eksperimen sebesar 0,1466 dan kelas control sebesar 0,1281. Maka nilai t_hitung = 2,289 dan t_tabel= 2,011 sehingga t_hitung> t_tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; ATI (Aptitude Treatmetn Interaction); Konsep matematis; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:51
Last Modified: 24 Sep 2025 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics