Pengembangan e-module berbasis Multiple Level Representation (MLR) terintegrasi Science Environment Technology and Society (SETS) pada materi stoikiometri

Indriyani, Nia (2024) Pengembangan e-module berbasis Multiple Level Representation (MLR) terintegrasi Science Environment Technology and Society (SETS) pada materi stoikiometri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRPSI_1908076055_NIA_INDRIYANI] Text (SKRPSI_1908076055_NIA_INDRIYANI)
1908076055_Nia Indriyani_Lengkap Tugas Akhir - Nia Indriyanis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman peserta didik disebabkan oleh pembelajaran kimia yang abstrak seperti materi stoikiometri. Hal ini mendorong peneliti untuk membuat media yang menarik secara visual dan memungkinkan peserta didik untuk belajar melalui penggunaan teknologi smartphone. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development, atau R&D) dengan menggunakan model Model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model ini terdiri dari define (pendefinisian), design (pendesaian), develop (mengembangkan), dan dessiminate (mendistribusikan). Partisipan dalam penelitian ini dalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan N-Gain sebagai tes hasil belajar, Aiken's V sebagai tes validasi ahli, dan kriteria persentase sebagai respon peserta didik. Dengan kategori validitas tinggi, nilai validasi ahli materi dan media adalah 0,97. Peserta didik memberikan respon sebesar 85% hal ini termasuk dalam kategori respon tinggi. Hasil belajar meningkat sebesar 0,5, dengan kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-module, Multiple Level Respresentation (MLR); Science Environment Technology and Society (SETS)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:54
Last Modified: 24 Sep 2025 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics