Efektivitas model pembelajaran creative problem solving berbantuan PPT interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning peserta didik kelas X SMAN 1 Comal
Maula, Intan Asyifa (2024) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving berbantuan PPT interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self regulated learning peserta didik kelas X SMAN 1 Comal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056052_Intan Asyifa Maula_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056052_Intan Asyifa Maula_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan Self Regulated Learning siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMAN 1 Comal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan PPT Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Regulated Learning Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata- rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen adalah 77,3 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 66,6. Kemudian uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_hitung=3,6947 dan t_tabel=1,9944. Dikarenakan t_hitung>t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian hasil penelitian diperoleh bahwa skor angket siswa kelas eksperimen adalah 70,8 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 61,1. Kemudian uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_hitung=3,3125 dan t_tabel=1,9944. Dikarenakan t_hitung>t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata self regulated learning antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini, diperoleh bahwa model Creative Problem Solving berbantuan PPT Interaktif efektif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Regulated Learning Siswa Kelas X SMAN 1 Comal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative problem solving; PPT interaktif; Kemampuan pemecahan masalah; Self Regulated learning; Fungsi trigonometri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27891 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year