Pengaruh strategi pembelajaran praktikum untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau

Hidayah, Fati Khatun (2024) Pengaruh strategi pembelajaran praktikum untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076009_FATI_KHATUN_HIDAYAH] Text (SKRIPSI_2008076009_FATI_KHATUN_HIDAYAH)
2008076009_Fati Khatun Hidayah_Full Skripsi - Fati Khatun Hidayah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan di MA Fathul Hidayah Lamongan sebagian besar dominan masih menggunakan metode konvensional atau ceramah, sehingga siswa masih berpusat kepada guru. Perlu adanya strategi dalam metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest posttest nonequivalent control group. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MA Fathul Hidayah Lamongan yang diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang dilihat dari uji t diperoleh signifikasi 2-tailed sebesar 0,000. Artinya, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dinyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi kimia hijau. Selain itu, juga dibuktikan dengan uji n-gain kelas eksperimen sebesar 0,583 dan n-gain kelas kontrol sebesar 0,212. Sehingga peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Praktikum dan Kimia Hijau
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:15
Last Modified: 24 Sep 2025 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics