Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi fungsi trigonometri berdasarkan kategori watson pada siswa kelas X MAN 1 Kota Bekasi tahun ajaran 2022/2023
Alviani, Putri (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi fungsi trigonometri berdasarkan kategori watson pada siswa kelas X MAN 1 Kota Bekasi tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056054_Putri Alviani_Tugas Akhir lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056054_Putri Alviani_Tugas Akhir lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 34 siswa kelas X IIS 2 MAN 1 Kota Bekasi, sebagai subjek penelitian. Data jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika diperoleh melalui tes penyelesaian masalah berbentuk soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan kesalahan yang bervariasi dari delapan jenis kesalahan yang ada pada kriteria Watson. Jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa adalah Inappropriate Procedure (IP) yaitu prosedur yang digunakan tidak tepat, Omitted Conclusion (OC) yaitu tidak menuliskan kesimpulan, dan Above Other (AO) yaitu kesalahan lainnya seperti tidak mengerjakan soal. Adapun jenis kesalahan yang jarang dilakukan oleh siswa adalah Response Level Conflict (RLC) yaitu siswa berusaha menyelesaikan soal, namun menghasilkan kesimpulan yang kurang logis. Beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, kurangnya waktu dalam mengerjakan semua soal tes, dan siswa menganggap bahwa soal cerita merupakan soal yang sulit untuk diselesaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trigonometri; Kategori watson |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27895 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year