Pengaruh model problem based learning berbasis socio scientiffic issue terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik materi kimia hijau

Nita, Putri Nadlifah Tiara (2024) Pengaruh model problem based learning berbasis socio scientiffic issue terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik materi kimia hijau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076010_PUTRI_NADLIFAH_TIARA_NITA] Text (SKRIPSI_2008076010_PUTRI_NADLIFAH_TIARA_NITA)
2008076010_Putri Nadlifah Tiara Nita_Tugas Akhir Lengkap - Putri Nadlifah Tiara Nita UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran di sekolah masih berorientasi pada peran guru dan belum bersifat kontekstual. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbasis SSI terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi kimia hijau. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan metode quasy experiment berupa pretest-postest control group design. Subjek penelitian yang digunakan yakni peserta didik SMAN 5 Semarang kelas X.3 sebanyak 23 peserta didik dan X.4 sebanyak 28 peserta didik. Adapun sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan uji independet sample t-test didapatkan nilai t-test <0,01, yang artinya penerapan model PBL berbasis SSI pada materi kimia hijau berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dengan peningkatan keterampilan berpikir kreatif (N-gain skor) kelas ekperimen yakni 0,3164 (sedang) sedangkan kelas kontrol 0,2148 (rendah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Problem Based Learning; Socio Scientific Issue
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:23
Last Modified: 24 Sep 2025 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics