Komparasi model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Pamotan
Fitriani, Adira Tantri (2024) Komparasi model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Pamotan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056060_Adira Tantri Fitriani_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056060_Adira Tantri Fitriani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan di mana siswa berupaya mencari jalan keluar dalam mencapai tujuan tertentu yang memerlukan kesiapan, kreativitas, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran problem based learning dan jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Exsperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa kelas VIII SMP N 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-test dengan perolehan hasil perhitung-an t_hitung (3,140)>t_tabel (1,999) yang artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan Lingkaran antara kelas yang menerap-kan model pembelajaran problem based learning dan jigsaw. Rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 74,9 dan 68,8 di kelas eksperimen 2. Artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning; Jigsaw |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27909 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year