Analisis kemampuan berpikir kritis pada masalah kontekstual matematika ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas VII U SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2023/2024

Nikmatunnisa, Arfida (2024) Analisis kemampuan berpikir kritis pada masalah kontekstual matematika ditinjau dari disposisi matematis siswa kelas VII U SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056063_Arfida Nikmatunnisa_Full] Text (Skripsi_2008056063_Arfida Nikmatunnisa_Full)
Skripsi_2008056063_Arfida Nikmatunnisa_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis pada masalah kontekstual materi rasio ditinjau dari disposisi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII U SMP Muhammadiyah 8 Semarang. Data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis. Hasil tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis, kemudian dianalisis berdasarkan disposisi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kelas VII U SMP Muhammadiyah 8 Semarang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa dengan disposisi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi, evaluasi, analisis, dan inferensi. Siswa dengan disposisi matematis sedang hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi. Siswa dengan disposisi matematis rendah belum mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis. Pada saat mengerjakan soal tes, siswa terlihat lebih banyak bingung dan merasa gelisah. Berdasarkan wawancara dengan siswa, salah satu penyebab siswa kesulitan menjawab soal pada masalah kontekstual materi rasio dengan indikator berpikir kritis adalah karena mereka belum memahami konsep dari materi rasio. Mereka juga tidak terbiasa mengerjakan soal yang sulit dan tidak paham dengan bentuk soal cerita yang panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Kontekstual matematika; Disposisi matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:23
Last Modified: 25 Sep 2025 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics