Upaya meningkatkan self-efficacy, minat belajar, dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra di SMK Negeri Jawa Tengah Pati
Ulum, Defriyana Tri Sholikhatul (2024) Upaya meningkatkan self-efficacy, minat belajar, dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra di SMK Negeri Jawa Tengah Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056065_Defriyana Tri S.U_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056065_Defriyana Tri S.U_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SMK Negeri Jawa Tengah Pati tentang rendahnya self-efficacy, minat belajar, dan prestasi belajar peserta didik pada materi matematika dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan geogebra. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self-efficacy, minat belajar, dan prestasi belajar peserta didik kelas XI TBKR. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TBKR yang berjumlah 24 orang. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar angket self-efficacy dan minat belajar, lembar tes prestasi belajar, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi sikap peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini telah mencapai kriteria yang menjadi indikator keberhasilan penelitian. Self-efficacy peserta didik dengan kategori baik meningkat dari 58,33% pada pra siklus menjadi 75% pada siklus 1 dan menjadi 87,5% pada siklus 2. Minat belajar peserta didik dengan kategori baik meningkat dari 50% pada pra siklus menjadi 62,5% pada siklus 1 dan menjadi 83,33% pada siklus 2. Prestasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 45,83% menjadi 62,5% dan menjadi 83,33% pada siklus 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan self-efficacy, minat belajar, dan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy; Minat belajar; Prestasi belajar; TGT |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27916 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year