Analisis kemampuan berfikir kritis dalam penyelesaian soal cerita aljabar ditinjau dari minat belajar siswa kelas VII D SMP N 31 Semarang

Nugroho, Ikhsan Agung (2024) Analisis kemampuan berfikir kritis dalam penyelesaian soal cerita aljabar ditinjau dari minat belajar siswa kelas VII D SMP N 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056068_Ikhsan Agung Nugroho_Full] Text (Skripsi_2008056068_Ikhsan Agung Nugroho_Full)
Skripsi_2008056068_Ikhsan Agung Nugroho_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII D SMP N 31 Semarang dalam penyelesaian soal cerita aljabar ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ada 6 orang siswa kelas VII yang sudah mendapatkan materi aljabar dan sudah digolongkan ke dalam kelompok minat belajar yakni rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan adalah angket, soal tes dan wawancara. Proses analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan deskripsi hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa secara Subjek MT1, MT2, MS2, MR1 dan MR2 memiliki kemampuan berpikir kritis
katagori sedang sedangkan untuk Subjek MS1 katagori rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan semua subjek dikatagorikan memiliki kemampuan berpikir kritis tingkat sedang dilihat dari minat tinggi, sedang maupun rendah. Indikator interprestasi menjadi indikator yang paling dikuasai, hal tersebut bisa dikarenakan siswa terbiasa dalam membuat keterangan sebelum mengerjakan soal. Pada indikator analisis, sebagian besar siswa sudah bisa dalam membuat pemodelan untuk soal. Pada indikator evaluasi dan inferensi, sebagian besar subjek merasa kesulitan pada tahap ini, kesalahan pengerjaan terjadi ketika subjek tidak bisa menggunakan pemodelan yang sudah dibuat untuk tahap perhitungan (evaluasi) dan masih salah ketika membuat kesimpulan bahkan ada yang tidak membuat kesimpulan pada akhir jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Berpikir kritis; Soal cerita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:27
Last Modified: 25 Sep 2025 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics