Penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi laju reaksi terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik

Soviyah, Evi (2024) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi laju reaksi terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076025_EVI_SOVIYAH] Text (SKRIPSI_2008076025_EVI_SOVIYAH)
2008076025_Evi Soviyah_Lengkap Tugas Akhir - Evi soviyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah di SMA Negeri 8 Semarang masih perlu ditingkatkan satu penyebabnya adalah kurang beragamnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMA Negeri 8 Semarang. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test. Berdasarkan data hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05 dapat diartikan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah. Uji peningkatan dengan N-gain keterampilan pemecahan masalah diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu geksperimen > gkontrol, 0,6595 > 0,5829, artinya keterampilan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Pemecahan Masalah; Laju Reaksi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:29
Last Modified: 25 Sep 2025 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics