Studi komparasi model problem based learning dengan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII MTS Al-Falah Bangilan Tuban tahun pelajaran 2023/2024
Alkarima, Khoirun Nisa (2024) Studi komparasi model problem based learning dengan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII MTS Al-Falah Bangilan Tuban tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008056070_KHOIRUN NISA ALKARIMA_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
sKRIPSI_2008056070_KHOIRUN NISA ALKARIMA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model problem based learning dengan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII Mts Al-Falah Bangilan Tuban.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta menggunakan desain posttest only design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet adalah 58,94. sedangkan kritis kelas yang menggunakan model guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet adalah 68,15. Pada pengujian perbedaan dua rata-rata kemampuan berpikir kritis dari kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh t_hitung = 3,446 dan t_tabel= 1,998. Oleh karena t_hitung> t_tabel maka model pembelajaran problem based learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet dan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet berbeda secara signifikan.
Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata minat belajar kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet adalah 72,78. Sedangkan minat belajar kelas yang menggunakan model guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet adalah 79,97. Pada pengujian perbedaan dua rata-rata minat belajar dari kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh t_hitung = 3,54 dan t_tabel=1,998. Oleh karena t_hitung> t_tabel maka model pembelajaran problem based learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet dan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet berbeda secara signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pada kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara model problem based learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet dengan guided discovery learning berbantuan lkpd interaktif liveworksheet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model problem based learning; Model guided discovery learning; Berpikir kritis; Minat belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:34 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27930 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year