Efektivitas model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MA NU Al-Hikmah Mijen

Aliya, Mahya (2024) Efektivitas model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MA NU Al-Hikmah Mijen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056074_Mahya Aliya_Lengkap] Text (Skripsi_2008056074_Mahya Aliya_Lengkap)
Skripsi_2008056074_Mahya Aliya_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MA NU Al-Hikmah Mijen khususnya pada materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan Pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MA NU Al-Hikmah Mijen tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen sungguhan (True experiment design) yang berdesain posttest only control group desain. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas X yaitu X-1 dan X-2. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes.
Berdasarkan analisis tahap akhir diperoleh rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 70,115 dan kelas kontrol 48,707. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata tahap akhir kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan uji-t (Independent Sample t – test) satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh t_hitung=6,737 dan t_tabel=2,0036 pada taraf signifikan 5%. Hasil uji tersebut, menunjukkan kriteria pengujian t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan〖 H〗_1 diterima sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Open-Ended. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Open-Ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MA NU Al-Hikmah Mijen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME); Open-ended; Berpikir kreatif matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:56
Last Modified: 25 Sep 2025 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics