Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV kelas X

Soimah, Nur Lailatus (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008056075_Nur Lailatus Soimah_Full] Text (Skripsi_2008056075_Nur Lailatus Soimah_Full)
Skripsi_2008056075_Nur Lailatus Soimah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar matematika yang memuat budaya lokal Rembang yang mendukung siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal Rembang pada materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan model ADDIE sebagai prosedur pengembangannya. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X M-5 sejumlah 31 siswa. Aspek kelayakan pada bahan ajar ini dinilai dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat valid, berdasarkan penilaian kevalidan oleh empat orang diperoleh persentase 92%. Kelayakan penggunaan bahan ajar berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 97,7% dari guru dan 85,1% dari respon siswa. Kelayakan bahan ajar matematika berbasis realistic mathematics education bermuatan budaya lokal dinilai dari segi keefektifan menunjukkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE; Bahan Ajar; Realistic mathematics education; Budaya local; Masalah matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:35
Last Modified: 25 Sep 2025 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics