Perbandingan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggs type indicator, perbedaan gender, dan gaya berfikir siswa kelas VII MTs Al Muttaqin Jepara

Syifani, Putri (2024) Perbandingan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggs type indicator, perbedaan gender, dan gaya berfikir siswa kelas VII MTs Al Muttaqin Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI2008056076_SYIFANI_Lengkap] Text (SKRIPSI2008056076_SYIFANI_Lengkap)
SKRIPSI2008056076_SYIFANI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang dimiliki siswa diantaranya dipengaruhi oleh tipe kepribadian MBTI, gender, dan gaya berfikir sehingga perlu mengontrol ketiga hal tersebut agar kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan antara tipe kepribadian MBTI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (2) apakah terdapat perbedaan antara gender terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (3) apakah terdapat perbedaan antara gaya berfikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (4) apakah terdapat perbedaan antara tipe kepribadian MBTI, gender, dan gaya berfikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Muttaqin Jepara, sedangkan sampelnya berjumlah 96 siswa yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan antara tipe kepribadian MBTI terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (2) tidak terdapat perbedaan antara gender terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (3) terdapat perbedaan antara gaya berfikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa; (4) terdapat perbedaan antara tipe kepribadian MBTI, gender, dan gaya berfikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gender; Gaya berfikir; Kemampuan berpikir
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:45
Last Modified: 25 Sep 2025 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics