Pengembangan buku ajar kimia berbasis greenpreneurship untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif

Rachman, Assyifa Yumna (2024) Pengembangan buku ajar kimia berbasis greenpreneurship untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076030_ASSYIFA_YUMNA_RACHMAN] Text (SKRIPSI_2008076030_ASSYIFA_YUMNA_RACHMAN)
2008076030_ASSYIFA YUMNA RACHMAN TUGAS AKHIR - ASSYIFA YUMNA RACHMAN UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dan pembelajaran kimia tidak dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dibutuhkan buku ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan menghubungkan materi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Buku ajar kimia berbasis greenpreneurship adalah buku ajar yang menghubungkan mata pelajaran kimia dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektivitas peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan respon dari peserta didik. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket kebutuhan peserta didik, lembar wawancara guru, lembar validasi ahli materi dan media, lembar validasi ahli soal, soal pre-test dan post-test, angket respon peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken’s pada validasi ahli materi dan media. Hasil validasi buku ajar memperoleh nilai sebesar 0,925 dengan kategori valid yang artinya layak untuk digunakan. Uji efektifitas peningkatan keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji-t untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar kimia berbasis greenpreneurship. Hasil uji N-gain sebesar

0,71 masuk dalam kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku ajar kimia berbasis greenpreneurship efektif dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil respon peserta didik memperoleh kategori sangat baik dengan skor 93,47 dan kepraktisan buku ajar sebesar 92,74% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Kimia; Greenpreneurship; Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:04
Last Modified: 25 Sep 2025 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics