Efektivitas pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul A’laa Purwodadi
Amalia, Rahma (2024) Efektivitas pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul A’laa Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008056077_Rahma Amalia_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008056077_Rahma Amalia_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran yang terjadi pada kelas VIII MTs Manba’ul A’laa Purwodadi belum sepenuhnya mendukung kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik efektif terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul A’laa Purwodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta desain berupa posttest only control design. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII yang terdiri dari lima kelas. Melalui teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sampel, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik efektif terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul A’laa Purwodadi. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik lebih baik dari kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM) berbantuan LKPD elektronik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Guided Inquiry Model (GIM); Berpikir komputasional matematis; LKPD elektronik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27953 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year