Efektivitas model pembelajaran teams games tournament dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan Pemalang

Arti, Rizqita Prama (2024) Efektivitas model pembelajaran teams games tournament dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008056079_Rizqita Prama Arti_Lengkap] Text (SKRIPSI_2008056079_Rizqita Prama Arti_Lengkap)
SKRIPSI_2008056079_Rizqita Prama Arti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini disebabkan oleh motivasi belajar dan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan yang tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament dengan pendekatan kontekstual terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi kelas VIII MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan Tahun Ajaran 2023/2024, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk kelas VIII MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini didapatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni posttest only control design. Data uji tes dan uji angket yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian treatment yang berbeda. Rata-rata kemampuan pemahaman matematis awal sebelum pemberian treatment pada kelas eksperimen adalah sebesar 44,74 dan pada kelas kontrol sebesar 42,36. Setelah pemberian treatment rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen menjadi 79,44 dan kelas kontrol menjadi 60,53. Maka berdasarkan hasil perhitungan rata-rata kemampuan pemahaman matematis didapatkan t_(hitung )=2,349 dan pada hasil angket motivasi siswa didapatkan t_(hitung )=2,328, dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=1,697. Maka masing-masing nilai berlaku t_(hitung )>t_(tabel ) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs. Asy Syafi’iyah Pecangakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teams games tournament; Kontekstual; Motivasi belajar; Pemahaman matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Sep 2025 05:43
Last Modified: 26 Sep 2025 05:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics