Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis multipel representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik materi ikatan kimia

Mukhoyaroh, Afifatul Rizqiyatal (2024) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis multipel representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik materi ikatan kimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076040_AFIFATUL_RIZQIYATUL_MUKHOYAROH] Text (SKRIPSI_2008076040_AFIFATUL_RIZQIYATUL_MUKHOYAROH)
2008076040_AFIFATUL RIZQIYATAL MUKHOYAROH_FULL SKRIPSI - Afifatul Rizqiyatal.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Model pembelajaran yang kurang inovatif menyebabkan pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik rendah. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di MA Abadiyah Gabus masih menggunakan metode teacher centered, sehingga pemahaman konsep peserta didik tidak terbangun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis multipel representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen berdesain non equivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini kelas X-A menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas X-C menjadi kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data tahap akhir diperoleh bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test pada data post-test, menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Karena nilai signifikansi (2-
tailed) lebih kecil dari 0,05; maka hipotesis alternatif (Ha)
diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka model pembelajaran problem based learning berbasis multipel representasi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model PBL-MR; pemahaman konsep; ikatan kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:45
Last Modified: 30 Sep 2025 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27978

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics