Efektifitas model project based learning (pjbl) pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
Sari, Devita Purnama (2024) Efektifitas model project based learning (pjbl) pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008076047_DEVITA_PURNAMA_SARI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2008076047_DEVITA PURNAMA SARI_FULL SKRIPSI - Devita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
pembelajaran tidak hanya dinilai dari hasil akhirnya saja. Namun, juga harus dilihat melalui proses pembelajarannya. Keberhasilan proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan keterampilan berpikir kritis siswa rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model project based learning (PjBL) pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Kuasi Eksperimental dengan Teknik pengambilan sampel berupa cluster random sampling. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan 2 pada tahun ajaran 2023/2024. Kelas XI MIPA 1 menjadi kelas kontrol dan XI MIPA 2 menjadi kelas eksperimen. Data penelitian ini didapatkan melalui hasil pre test dan post test kelas kontrol dan eksperimen yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dan uji N-Gain. Berdasarkan analisis data tahap akhir diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney pada data post test menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima sedangkan Ho) ditolak, dengan nilai N-Gain sebesar 0,464, hasil tersebut terasuk kedalam kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PjBL; asam basa; keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:36 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27987 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year