Studi deskriptif relevansi religiusitas dalam mengendalikan emosi orang tua di SD Islam Al Madina
Maulina, Tengku Siti Sari (2023) Studi deskriptif relevansi religiusitas dalam mengendalikan emosi orang tua di SD Islam Al Madina. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1804046008_tengku siti sari maulina_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1804046008_tengku siti sari maulina_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Religiusitas merupakan pemahaman terhadap segala aspek kehidupan dan menjalani kehidupan berdasarkan teladan, nilai dan norma agama. Religiusitas dianggap memiliki peran dalam mengendalikan emosi pada wali murid SD Islam Al Madina, pengendalian emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan menunjukkan emosi maupun perasaannya dalam kehidupan sehari-hari. relevansi religiusitas tersebut penting dalam mengendalikan emosi pada orang tua demi menghindari toxic parenting maupun kekerasan pada anak.
Fenomena tersebut menarik untuk diteliti, sehingga peneliti mengangkat judul penelitian “Studi Deskriptif Relevansi Religiusitas dalam Mengendalikan Emosi Orang Tua di SD Islam Al Madina”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif, sumber data berupa sumber data primer dan sekunder yang didapatkan melalui mekanisme observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana religiusitas orang tua di SD Islam Al Madina, 2) Bagaimana pengendalian emosi orang tua di SD Islam Al Madina, 3) Bagaimana relevansi religiusitas dan pengendalian emosi orang tua di SD Islam Al Madina.
Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan, 1) Religiusitas orang tua di SD Islam Al Madina cukup baik diwujudkan dengan kesadaran serta keterlibatan orang tua dalam setiap kegiatan religi di sekolah maupun di rumah, Religiusitas memiliki peran positif dalam mengendalikan emosi pada wali murid SD Islam Al Madina, hal ini disebabkan oleh pengaruh dari berbagai kegiatan keagamaan yang melibatkan wali murid sehingga wali murid menjadi lebih memahami perannya sesuai nilai religiusitas yang diyakini. 2) Orang tua di SD Islam Al Madina memiliki pengendalian emosi yang baik dibuktikan dengan kesadaran orang tua untuk mencegah segala emosi negatif maupun perbuatan yang merugikan anaknya. Selain itu sebagai sebuah fenomena psikologis, religiusitas dan relevansinya terhadap pengendalian emosi dipengaruhi berbagai faktor, setidaknya terdapat tiga faktor yaitu faktor usia, faktor keluarga dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas; Pengendalian emosi |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27998 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year