Pengaruh penerapan model pembelajaran pogil pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains peserta didik
Laili, Dhiya Hasna (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran pogil pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008075050_DHIYA_HASNA_LAILI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2008076050_DHIYA HASNA LAILI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Dhiya Has na Laili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (11MB)
Abstract
Fokus utama implementasi kurikulum merdeka adalah meningkatkan kemampuan literasi sains terutama pada pelajaran sains. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi sains yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, seperti model POGIL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model POGIL pada materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan literasi sains peserta didik khususnya di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan quasi experimental berdesain non-equivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas XI dengan peminatan kimia. Sampel penelitian yang diteliti dari populasi penelitian yaitu Kelas XI C1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI C2 sebagai kelas kontrol. Data yang didapatkan melalui hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test pada data posttest di taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat pengaruh penerapan model POGIL terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran POGIL; Kesetimbangan Kimia; Kemampuan Literasi Sains |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27999 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year