Keefektifan model pembelajaran Nature of Science (NOS) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi termokimia
Nabhan, Ghifari (2024) Keefektifan model pembelajaran Nature of Science (NOS) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi termokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_GHIFARI_NABHAN]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI GHIFARI NABHAN LENGKAP 2024 PDF - Ghifari Nabhan UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya nilai Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang mengukur 4 literasi di MAN 3 Jembrana. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di MAN 3 Jembrana belum menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nature of Science untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy experimental berjenis non-equivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dari sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui hasil pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data tahap akhir diperoleh bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test pada data posttest, yang menunjukkan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nature of Science efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi termokimia
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Nature of Science; Literasi Sains; Termokimia |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28006 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year