Pengembangan instrumen assessment tes keterampilan berpikir kreatif pada materi elektrokimia
Azizah, Laila Isro’atul (2024) Pengembangan instrumen assessment tes keterampilan berpikir kreatif pada materi elektrokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2008076064_LAILA_ISROTUL_AZIZAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2008076064_Laila Isro_atul Azizah_Lengkap Tugas Akhir - Laila Isro_atul Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Asesmen adalah proses penilaian yang dilakukan selama pembelajaran untuk memperoleh data terkait ketercapaian pembelajaran peserta didik. Asesmen yang baik membutuhkan instrumen penilaian yang layak dan tepat mengukur ketercapaian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen asesmen tes keterampilan berpikir kreatif, mengetahui respon peserta didik terhadap instrumen tes yang dikembangkan, serta mengukur tingkat keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII IPA 1 dan XII IPA 4 SMA N 5 Semarang sebanyak 70 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, tes dan angket. Hasil validitas internal memperoleh persentase sebesar 90,3% dengan kriteria sangat valid dan validitas eksternal memperoleh nilai 0,5 dengan kriteria valid. Uji reliabilitas didapatkan hasil yang reliabel dengan nilai sebesar 0,785 dengan kategori tinggi. Sementara itu, respon peserta didik terhadap instrumen yang dikembangkan menunjukkan nilai 76,6% dengan kategori baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada materi Elektrokimia sangat beragam yaitu peserta didik dengan kategori kreatif memperoleh persentase 52,85%, kategori cukup kreatif dengan persentase 31,42%, kategori kurang kreatif dengan persentase 11,43% dan kategori sangat kreatif dengan persentase 4,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Instrumen, Instrumen Asesmen Tes; Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28008 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year