Pengaruh model problem based learning-stem pada materi kesetimbangan kimia terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik

Rahmawati, Riska (2024) Pengaruh model problem based learning-stem pada materi kesetimbangan kimia terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076079_RISKA_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_2008076079_RISKA_RAHMAWATI)
2008076079_Riska Rahmawati_Lengkap Tugas Akhir - Riska Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Semarang khusunya pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran metode teacher centered sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik tidak terbangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi kesetimbangan kimia terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment berdesain non-equivalent control group design dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan penelitian adalah peserta didik kelas XI F.7 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI F.8 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data penelitian didapatkan melalui hasil pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. berdasarkan analisis data tahap akhir diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test pada data post-test yang menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05). Nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Hasil effect size yang didapatkan sebesar 1,0 yang menunjukkan bahwa model PBL-STEM memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; kesetimbangan kimia; PBL-STEM
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:37
Last Modified: 03 Oct 2025 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28041

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics