Penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari self efficacy

Dewi, Silviana Aulia (2024) Penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari self efficacy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076082_SILVIANA_AULIA_DEWI] Text (SKRIPSI_2008076082_SILVIANA_AULIA_DEWI)
2008076082_Silviana Aulia Dewi_Lengkap Tugas Akhir - Silviana aulia dewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran flipped classroom dengan model pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik berdasarkan tingkatan self efficacy, mengetahui interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan tingkat self efficacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis pendekatan quasi experimental design. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Fattah Lamongan dengan sampel penelitian sebanyak 48 peserta didik dari kelas XE-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XE-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel junuh. Analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan uji yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran flipped classroom dan model pembelajaran konvensional dengan nilai uji Fhitung = 8,448 > 4,07, adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik berdasarkan tingkatan self efficacy dengan nilai Fhitung = 16,956 > 3,22, dan tidak ditemukan adanya interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan tingkat self efficacy yang mana nilai yang diperoleh Fhitung = 2,157 < 3,22.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom; Hasil belajar; self efficacy
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:45
Last Modified: 03 Oct 2025 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics