Pengaruh muhasabah terhadap penurunan intensi bullying di MA Qosim Al Hadi Semarang

Aryanti, Isnaeni (2024) Pengaruh muhasabah terhadap penurunan intensi bullying di MA Qosim Al Hadi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2004046053_Isnaeni Aryanti_Full] Text (Skripsi_2004046053_Isnaeni Aryanti_Full)
Skripsi_2004046053_Isnaeni Aryanti_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Muhasabah Terhadap Penurunan Intensi Bullying”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Muhasabah dan Intensi Bullying pada siswa MA Qosim Al Hadi Semarang. Muhasabah adalah suatu proses yang bertujuan untuk “ mengevaluasi diri dan melakukan perhitungan terhadap diri sendiri”. Sementara Intensi Bullying adalah suatu keinginan dan usaha seseorang untuk munculnya suatu perilaku yang menyebabkan seseorang menderita.
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muhasabah terhadap penurunan Intensi Bullying. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana, subjek dalam penelitian ini ialah Siswa MA Qosim Al Hadi yang berjumlah 62 responden. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner, yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS versi 23.0 For Windows.
Berdasarkan hasil analisis data statistik diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan nilai signifikansi parsial ( Uji T) sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti hipotesis diterima yaitu sikap muhasabah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Intensi Bullying . Hasil analisis regresi linier sederhana, didapati koefisien determinasi sebesar 0,372. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel muhasabah terhadap penurunan intensi bullying sebesar 37,2% sementara selebihnya yaitu 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Muhasabah; Intensi Bullying
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:26
Last Modified: 27 Oct 2025 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics