Proses pembentukan motivasi belajar siswa berbasis pendidikan pesantren
Fadila, Resti (2024) Proses pembentukan motivasi belajar siswa berbasis pendidikan pesantren. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2004046065_Resti_Fadila_lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan motivasi belajar siswa Berbasis Pesantren kelas IX B.
Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar apa bila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk pencapaian hasil yang baik. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mencapai hasil yang optimal penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualiatif deskriptif menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Keseluruhan data tersebut diambil dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah Dalam peningkatan motivasi belajar siswa yang berbasis pesantren adalah menguatkan proses keagamaan seperti mengaji tahfidz, sholat dzhur berjamaah agar siswa mempunyai motivasi dan akhlak yang baik. Guru telah memberikan pembelajaran yang semaksimal mungkin dengan membuat suasana kelas yang nyaman dengan pendekatan emosional secara kekeluargaan, diberikan reward, diberikan arahan-arahan agar siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, memberikan contoh yang baik kepada siswa dan menanamkan kebiasaan beribadah kepada siswa. Siswa MTs Qosim Al-Hadi sudah mempunyai Hasrat keinginan untuk berhasil namun Ketika diberikan Tugas kurang bersemangat, jika diberikan stimulus dalam memotivasi belajar oleh Guru berbeda terdapat siswa yang mempunyai motivasi dari dalam diri yaitu motivasi intrinsik dan ada siswa yang mempunyai motivasi belajar karena dorongan dari luar yaitu motivasi ekstinsik dan jika dihadapkan dengan kesulitan berbeda-beda reaksinya ada yang langsung bertanya dan ada yang tidak bertanya faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran setiap siswa berbeda,sehingga setiap siswa mempunyai upaya ayang berbeda untuk meningkatkan motivasi belajarnya.Jadi dapat ditarik kesimpulan motivasi belajar setiap siswa berbeda dikarenakan dengan berbagai faktor
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pesantren; Beasiswa; Motivasi |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 01:23 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 01:23 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28120 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
