Pengembangan media pembelajaran virtual laboratory berbasis Multiple Level Representation (MLR) pada materi laju reaksi

Hafizhah, Zakia (2024) Pengembangan media pembelajaran virtual laboratory berbasis Multiple Level Representation (MLR) pada materi laju reaksi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076088_ZAKIA_HAFIZHAH] Text (SKRIPSI_2008076088_ZAKIA_HAFIZHAH)
2008076088_Zakia Hafizhah_Lengkap Tugas Akhir - ZAKIA HAFIZHAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak dan mencakup multiple level representation. Salah satu materi yang memuat tiga level representasi adalah materi laju reaksi dan merupakan materi yang sulit menurut peserta didik. Untuk itu, dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat memuat multiple level representation secara keseluruhan sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, dan respons terhadap media pembelajaran virtual laboratory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Design and Development (D&D). Subjek coba dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI SMA N 2 Blora. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken’s V untuk validasi ahli dan kriteria persentase untuk respons peserta didik. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 0,84 dengan kriteria valid dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 0,84 dengan kriteria valid. Sehingga media pembelajaran virtual laboratory valid digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun hasil respons peserta didik memperoleh persentase sebesar 87,8% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Laju reaksi; media pembelajaran; multiple level representation; virtual laboratory
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:43
Last Modified: 29 Oct 2025 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics