Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis pendidikan berkelanjutan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia

Halimah, Nur (2024) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis pendidikan berkelanjutan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2008076091_NUR_HALIMAH] Text (SKRIPSI_2008076091_NUR_HALIMAH)
2008076091_Nur Halimah_Full Skripsi - NUR HALIMAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Karakteristik materi termokimia yang kompleks menyebabkan banyak peserta didik menganggap bahwa materi termokimia merupakan materi yang tidak mudah dipahami. Peserta didik membutuhkan keterampilan untuk berpikir kritis supaya mampu memahami konsep materi termokimia, disamping itu kesadaran akan keberlanjutan sebaiknya sudah dikenalkan sejak usia kanak-kanak hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis pendidikan berkelanjutan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI-7 dan XI-8 di SMAN 1 Semarang. Instrumen yang yang digunakan berupa lembar wawancara, angket, observasi, dan lembar soal keterampilan berpikir kritis. Lembar soal keterampilan berpikir kritis sebelumnya telah dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Hasil hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 sehingga < 0,05 dan menyatakan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistika mengenai keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil effect size yang didapatkan sebesar 1,2 yang menunjukkan bahwa model PBL berbasis pendidikan berkelanjutan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; pendidikan berkelanjutan; problem based learning
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:36
Last Modified: 07 Nov 2025 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28142

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics