Analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada iklan pinjaman online Adakami

Shidiq, Muhammad Ashar (2023) Analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada iklan pinjaman online Adakami. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016052_Muhammad ashar shidiq_Lengkap] Text (Skripsi_1804016052_Muhammad ashar shidiq_Lengkap)
Skripsi_1804016052_Muhammad ashar shidiq_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis struktur wacana yang terdiri dari struktur makro, struktur supra, struktur mikro, dan wacana yang terkandung di dalam iklan pinjaman online AdaKami. Objek penelitian ini adalah transkrip iklan pinjaman online AdaKami. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada iklan lalu melakukan transkrip pada iklan sehingga data akhir yang digunakan berupa teks. Data ini kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kualitatif teori analisis wacana Teun A. Van Dijk. Dari data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan (1) struktur teks yang terdiri dari struktur makro, super struktur dan struktur mikro. Struktur makro tematik pada wacana iklan pinjaman online AdaKami memuat tema sekelompok usaha yang bangkit dan pulih kembali setelah mengalami kesulitan yang disebabkan oleh serangan penyakit. Karena iklan dikeluarkan pada masa pandemi Covid-19, iklan lebih berfokus dengan tema krisis yang dialami oleh para pengusaha yang disebabkan oleh penyakit. Penyakit yang dimaksudkan di sini besar kemungkinannya adalah pandemi Covid-19. Super struktur wacana iklan pinjaman online AdaKami terdiri atas empat eleman, yaitu; pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan dan penegasan kembali. Struktur mikro pada wacana iklan pinjaman online AdaKami terdiri atas (1) latar, (2) detil, (3) maksud, (4) koherensi, (5) stilistik, (6) retoris. Latar yang digunakan berhubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak usaha mengalami krisis. Kemudian detil dan maksud menjelaskan lebih rinci dari latar, (2) kognisi sosial dalam wacana iklan yang berisi pesan yang mengandung makna AdaKami sebagai solusi yang dapat diandalkan ketika orang-orang sedang mengalami kesulitan-kesulitan dalam usaha dan kondisi ekonomi yang memburuk. Sehingga mampu membuat mereka bangkit dan memiliki kondisi ekonomi yang lebih baik. (3) konteks dalam iklan tersebut adalah berupa pesan dari penggambaran keberadaan AdaKami yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai alternatif untuk mendapatkan modal guna membuat inovasi baru atau melakukan inisiatif lain agar kondisi ekonomi mereka pulih kembali. AdaKami dapat memberikan motivasi menggunakan pinjaman online guna mengembangkan usaha secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Iklan; Pinjaman online AdaKami; Teun A. Van Dijk
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:15
Last Modified: 17 Nov 2025 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics