Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan membaca dzikir Ratib Al-Haddad terhadap regulasi diri santri Asrama Muslimat NU Jawa Tengah
Indah Lestari, Novi (2024) Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan membaca dzikir Ratib Al-Haddad terhadap regulasi diri santri Asrama Muslimat NU Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2001016004_Novi Indah Lestari_Full Skripsi - Novi Indah lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pada masyarakat zaman sekarang masalah yang sering dihadapi adalah perasaan kekosongan jiwa. kondisi ini memiliki tanda ketika individu mulai merasakan asing dengan pribadinya bahkan keadaan sosialnya. Hal ini sering terjadi pada santri asrama Muslimat NU Jawa Tengah yang masih kurang mengatur dan mengontrol dirinya sendiri, seperti tidak mematuhi peraturan, kurang semangat dan terlambat dalam mengikuti. Proses pengembangan potensi yang dimiliki oleh individu dapat dilakukan dengan bantuan bimbingan yang tepat. Salah satu bimbingan yang diterapkan di asrama Muslimat NU Jawa Tengah ddengan intensitas mengikuti bimbingan ratib-al-haddad karena dapat membantu santri dalam menguatkan regulasi diri yang ada pada dirinya.
Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif memiliki tujuan dalam mengetahui adakah pengaruh dari intensitas mengikuti bimbingan membaca dzikir ratib al-haddad terhadap regulasi diri santri asrama muslimat NU Jawa Tengah. Hasil pada penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana mengindiksiksan hasil sebesar 0,717 yang berarti bimbingan membaca dzikir ratib al-haddad berpengaruh positif terhadap regulasi diri santri. Pengujian persial (uji t) mendapatkan hasil signifikansi 0,001<0,05. Kemudian berdasarkan pada nilai yang didapatkan menyimpulkan bimbingan membaca dzikir ratib al-haddad memiliki dampak positif dan signifikan terhadap regulasi diri. Kemudian pada uji koefisien determinan mendapatkan nilai 0,298yang artinya bimbingan membaca dzikir ratib al-haddad memengaruhi regulasi diri sebesar 29,8%. Sementara itu 70,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti rutinan membaca Al-Qur’an, kegiatan ngaji kitab kuning, ngaji filsafat, rutinan membaca tahlil, yasin al-kahfi setiap malam jum’at, membaca diba’an, barzanji, dan sholawat burdah serta kegiatan diskusi yang rutin dilakukan setiap hari minggu
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan dzikir; Ratib Al-Haddad; Regulasi diri; Santri |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
| Depositing User: | Wati Rimayanti |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 00:26 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 00:26 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28257 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
