Bimbingan agama melalui kajian kitab Minhajul Abidin dalam mengembangkan adversity quotient santri
Fitriatun Aisyah, Dwi (2025) Bimbingan agama melalui kajian kitab Minhajul Abidin dalam mengembangkan adversity quotient santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2101016023_DWI FITRIATUN AISYAH_Lengkap Tugas Akhir - DWI FITRIATUN AISYAH 2101016023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Santri Pondok Pesantren Progresif Fathimah Al-Amin Semarang, dituntut mampu menyeimbangkan pendidikan pesantren dan perguruan tinggi, menghadapi tantangan kompleks yang menuntut Adversity Quotient (AQ) atau daya tahan menghadapi kesulitan. Sebagai upaya membekali santri, pondok pesantren menyelenggarakan bimbingan agama, termasuk kajian kitab Minhajul Abidin karya Al-Ghazali yang fokus pada panduan muslim dalam mengatasi rintangan spiritual. Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan memahami kondisi AQ santri dan menganalisis bagaimana pelaksanaan kajian Minhajul Abidin bisa mengembangkan AQ santri. Sehingga dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi AQ santri Ponpes Progresif Fathimah Al-Amin Semarang? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama melalui kajian kitab Minhajul Abidin dalam mengembangkan AQ santri di pondok pesantren tersebut?
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi AQ santri dan menganalisis pelaksanaan bimbingan agama melalui kajian Minhajul Abidin dalam mengembangkan AQ di Ponpes Progresif Fathimah Al-Amin Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara dengan pengasuh, pembimbing kajian, dan empat santri sebagai informan kunci, serta dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mengenai permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Adversity Quotient (AQ) santri Pondok Pesantren Progresif Fathimah Al-Amin berada dalam proses pengembangan yang dinamis. Meskipun terdapat tantangan pada aspek ownership (tanggung jawab) dan endurance (daya tahan), santri menunjukkan kapasitas yang berkembang dalam control (kendali) dan origin & ownership (asal usul & tanggung jawab), serta variasi dalam reach (jangkauan dampak masalah), dengan dukungan signifikan dari pendekatan spiritual dan lingkungan pesantren yang suportif. Pengembangan AQ juga didukung secara efektif melalui pelaksanaan bimbingan agama berupa kajian rutin Kitab Minhajul Abidin, yang diselenggarakan terjadwal dan dibimbing oleh ahlinya. Melalui internalisasi materi kajian yang relevan seperti ilmu (makrifatullah), kesabaran, taubat, serta pemahaman mengenai godaan dan penghalang ibadah, santri secara bertahap dilatih dan dibekali cara pandang serta keterampilan batiniah untuk menghadapi kesulitan hidup secara lebih efektif, yang secara komprehensif mengembangkan seluruh dimensi AQ mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan agama; Kitab Minhajul Abidin; Adversity Quotient (AQ); Santri |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
| Depositing User: | Wati Rimayanti |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 00:33 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 00:33 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28264 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
