Komodifikasi agama Islam dalam konten Tiktok Jihan Salsabila

Azahro, Afni Ami (2025) Komodifikasi agama Islam dalam konten Tiktok Jihan Salsabila. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026083_Afni_Ami_Azahro] Text (Skripsi_1901026083_Afni_Ami_Azahro)
Skripsi_1901026083_Afni_Ami_Azahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media sosial seperti TikTok telah mendorong munculnya fenomena baru dalam praktik dakwah, dimana pesan-pesan keagamaan dibalut dengan promosi produk. Fenomena ini dikenal sebagai komodifikasi agama, yaitu pengubahan iman dan simbol-simbolnya menjadi komoditas yang dapat diperjualbelikan untuk mendapatkan keuntungan. Penelitian ini menyoroti bagaimana praktik tersebut dilakukan oleh Jihan Salsabila, seorang influencer Muslimah, melalui konten dakwahnya yang juga berisi endorsement suatu produk. Peneliti ingin mengetahui bagaimana komodifikasi agama Islam yang terdapat dalam konten TikTok Jihan Salsabila.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi model Philipp Mayring. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi terhadap empat konten TikTok pada akun TikTok Jihan Salsabila yang memenuhi kriteria. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori komodifikasi dari Vincent Mosco serta indikator komodifikasi agama Islam dari Greg Fealy & Sally White.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi komodifikasi isi dalam konten dakwah Jihan Salsabila. Simbol agama dan pesan dakwah digunakan bersamaan dengan mengiklankan produk busana muslim. Empat indikator komodifikasi agama Islam ditemukan, yaitu: Identitas dan konsumsi, marketisasi Islam, Pluralisme, serta Islam yang dangkal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi agama Islam; TikTok; Konten dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Nov 2025 01:54
Last Modified: 20 Nov 2025 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics