Strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji khusus di PT. Dania Dzulqornain Jepara

Puteri, Siti Rois Yuwandira (2025) Strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji khusus di PT. Dania Dzulqornain Jepara. JMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5 (1). ISSN 2716-376x

[thumbnail of Artikel_2101056072_Siti Rois Yuwandira P_FULL] Text (Artikel_2101056072_Siti Rois Yuwandira P_FULL)
Artikel_2101056072_Siti Rois Yuwandira P_FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://doi.org/10.38035/jmpis.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas strategi PT. Dania Dzulqronain Jepara dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji khusus. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan jemaah, dan bagaimana penerapan Model Kano dalam menganalisis kebutuhan jemaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pelayanan yang diterapkan, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan jemaah, dan mengevaluasi efektivitas strategi tersebut menggunakan model kano. Penelitian ini

menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan studi literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Dania Dzulqornain menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang fleksibel, melakukan evaluasi rutin 2- 4 kali sebulan, dan memberikan layanan tambahan di luar layanan dasar untuk meningkatkan kepuasan jemaah. Analisis menggunakan model kano mengidentifikasi tiga kategori kebutuhan jemaah: must-be (kebutuhan dasar), one-dimensional (kebutuhan kinerja), dan attractive (kebutuhan kejutan). Meskipun biro belum memiliki sistem pengukuran kepuasan formal, komunikasi intensif dan evaluasi rutin menjadi kunci dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan sistem pengukuran kepuasan berbasis data untuk meningkatkan evaluasi kinerja secara objektif dan memastikan keberlanjutan peningkatan kualitas pelayanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jemaah haji khusus, Model kano; PT. Dania Dzulqornain
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:08
Last Modified: 20 Nov 2025 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics