Strategi internal relation dalam meningkatkan loyalitas karyawan : studi kasus Organisasi Sarana Kerohanian Islam Indosat Ooredoo Hutchison Jakarta
Nursyafitri, Dhea Eka (2025) Strategi internal relation dalam meningkatkan loyalitas karyawan : studi kasus Organisasi Sarana Kerohanian Islam Indosat Ooredoo Hutchison Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2101026131_Dhea_Eka_Nursyafitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya tantangan dalam menjaga loyalitas karyawan di era persaingan bisnis yang ketat, di mana sumber daya manusia merupakan aset utama perusahaan. Karyawan yang tidak termotivasi, tidak nyaman, atau kurang memiliki rasa kepemilikan dapat menurunkan kinerja dan produktivitas. Meskipun fungsi Public Relations (PR) seringkali berfokus pada hubungan eksternal, pentingnya Internal Relations dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan membangun budaya perusahaan yang positif seringkali terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami strategi Internal Relations yang diterapkan oleh PT. Indosat Ooredoo Hutchison Jakarta melalui Organisasi Srana Kerohanian Islam (SKI ) dalam upaya meningkatkan loyalitas karyawan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan dokumentasi serta data sekunder berupa dokumen-dokumen terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pihak-pihak terkait, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Indosat Ooredoo Hutchison Jakarta menerapkan berbagai strategi Internal Relations melalui Organisasi Kerohanian Islam untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Strategi ini meliputi Program pendidikan dan pelatihan, Program Motivasi, Program spesial event, Program penghargaan dan Program komunikasi internal serta penciptaan lingkungan kerja yang inklusif dan mendukung. Implementasi strategi-strategi yang dilakukan oleh Organisasi SKI ini terbukti berkontribusi positif terhadap peningkatan loyalitas karyawan pada Perusahaan. yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kinerja dan produktivitas perusahaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Internal relations; Loyalitas karyawan; Organisasi |
| Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
| Depositing User: | Miswan Miswan |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 01:59 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 01:59 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28326 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
