Pengembangan soft skill mahasiswa melalui program praktik pengalaman profesi di embarkasi donohudan (studi kasus mahasiswa MHU angkatan 2021 UIN Walisongo
Farda, Mafaza Auliya (2025) Pengembangan soft skill mahasiswa melalui program praktik pengalaman profesi di embarkasi donohudan (studi kasus mahasiswa MHU angkatan 2021 UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2101056076_Mafaza Auliya Farda_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik kontribusi Program Praktik Pengalaman Profesi (PPP) di Embarkasi Donohudan terhadap pengembangan soft skill mahasiswa Prodi Manajemen Haji dan Umrah (MHU) angkatan 2021 UIN Walisongo. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi dimensi soft skill yang berkembang serta faktor pendukung yang mendorong pertumbuhan keterampilan tersebut dalam konteks kerja riil pelayanan ibadah haji.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa MHU peserta PPP tahun 2023, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal, kerja sama tim, kepemimpinan, serta pemecahan masalah merupakan soft skill dominan yang berkembang selama PPP. Peningkatan keterampilan ini terjadi melalui pelibatan aktif mahasiswa dalam tugas-tugas operasional seperti pelayanan jamaah, koordinasi antar petugas, serta pengambilan keputusan dalam situasi mendesak. Temuan ini diperkuat oleh kutipan verbatim dari responden yang menunjukkan pengalaman transformasional dalam aspek profesionalitas dan kedewasaan kerja.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa PPP di Embarkasi Donohudan secara nyata berkontribusi terhadap penguatan soft skill mahasiswa melalui pendekatan experiential learning. Oleh karena itu, institusi pendidikan disarankan untuk menyempurnakan program dengan pembekalan pra-PPP yang terstruktur dan evaluasi berkelanjutan terhadap capaian keterampilan mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal; Manajemen haji dan umrah |
| Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:59 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:59 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28334 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
